Senin, 11 November 2013

Apa Pendidikan Itu?

Paedagogie artinya pendidikan, sedangkan paedagogiek berarti ilmu pendidikan. Pedagogik ialah ilmu pengetahuan yang menyelidiki, merenungkan tentang gejala-gejala perbuatan mendidik. Pedagogik berasal dari kata yunani paedagogia yang berarti “ pergaulan dengan anak-anak”. Paedagogos berasal dari kata paedos (anak) dan agoge (saya membimbing, memimpin). Mendidik ialah memimpin anak. Mendidik adalah pengertian yang sangat umum yang meliputi semua tindakan mengenai gejala pendidikan. Mendidik yaitu seorang pendidik terhadap anak didiknya, ia berusaha membimbing atau memimpin pertumbuhan anak, jasmani maupun rohaninya. Pertumbuhan jasmani dan rohaninya anak itu berkembang sendiri, dan perkembangannya menurut tempo dan iramanya sendiri.

Pendidik hanya dapat memimpin perkembangan anak itu dengan mempengaruhinya dari luar, seperti dengan memberi makan yang cukup sehat, memberi pakaian, menjaga supaya anak terhindar dari penyakit, menyediakan alat-alat dan memberi kesempatan untuk bermain, menasihati, melarang, menghukum, menyekolahkan, dan kalau perlu memindahkan anak itu kedalam lingkungan yang lebih menguntungkan.

Binatang “mendidik” anaknya secara instingtif, yaitu kepandaian yang sudah ada dan sifatnya tetap, tidak berubah. Ada pula beberapa jenis binatang atau hewan yang dapat dilatih untuk melakukan sesuatu. Tetapai, hasil atau prestasi dari latihan itu sifatnya tetap dan tertentu, artinya hanya dalam batas-batas tertentu insting itu dapat dibentuk atau diubah. Tindakan itu masih  terbatas pada suasana, waktu, tempat, dan hal-hal yang tertentu pula. Tindakan dilakukan secara otomatis, tanpa rencana dan tanpa dipikirkan dahulu. Jadi, tindakan yang kita lakukan terhadap hewan itu bukanlah pendidikan, melainkan “Dresur”.

Dresur dan pendidikan, mendidik itu tidak boleh disamakan dengan tindakan menjinakan, mendresur, dan melatih binatang. Karena pendidikan juga mempergunakan kecenderungan yang timbul pada masa perkembangan psikis, pendidik mengarahkan nafsu-nafsu bawaan kepada tujuan yang berguna.

Pendidikan ialah segala usaha orang dewasa dalam pergaulanya dengan anak-anak untuk membimbing perkembangan jasmani dan rohaninya kearah kedewasaan dengan sendirinya atau menurut tempo dan irama perkembangannya.

Tidak ada komentar:

Penyimpangan Sosial

Penyimpangan Individu : Penyimpangan yang dilakukan oleh seorang individu dengan melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang dari norma-n...