Senin, 06 Juli 2015

Era Manusia Baterai

Waktu yang tak pernah berhenti mengiringi masyarakat menuju era yang lebih modern. perkembangan tersebut tak lepas dari keingintahuan manusia tentang sesuatu apapun guna mencapai kebutuhannya. Keingintahuan yang tak terbatas, kecukupan yang tak pernah selesai, waktu yang tak pernah habis merupakan faktor dalam pengembangan era yang lebih modern. Jika kita lihat pada kondisi Indonesia yang dahulu kita kenal dengan sebutan Nusantara pada zaman kerajaan-kerajaan dan pada masa kolonial dikenal dengan Hindia Belanda. Penamaan itupun merupakan salah satu bukti kongkret bahwa waktu selalu mengiringi kehidupan manusia.

Dalam beberapa dekade terakhir, sudah semakin terlihat bahwa manusia sudah bisa menciptakan manusia yang memiliki kemampuan tinggi dan fisik yang kuat, namun memiliki banyak keterbatasan dalam melaksanakan kegiatan manusia, yaitu manusia baterai. Beberapa manusia lain menciptakan dan yang lain membuntuti para penciptanya. sehingga manusia dapat dimudahkan dengan keberadaan hasil dari ciptaannya sendiri. Kebutuhan manusia adalah pokok penting dan tak bisa dinomor duakan dengan yang lain. Instan adalah slogan dari era manusia baterai.

Namun, yang perlu diperhatikan dalam era ini adalah bahwa manusia sekarang tidaklah manusiawi. Diperparah dengan semakin minim manusia bersosialisasi dengan lingkungan dan masyarakat. "yang dekat semakin jauh, dan yang jauh bisa dekat dan tak terlihat" mungkin kata-kata ini yang dapat mewakili kehidupan manusia. Teknologi adalah penyebab utama manusia tidaklah menjadi manusiawi yaitu penyalahgunaan dalam pemanfaatan teknologi. Penggunaan teknologi yang kurang tepat dapat merusak peran manusia dalam menjalankan aktifitasnya. Seperti kesadaran keberadaan orang disekitarnya sering kali dihiraukan dan didahulukan yang jauh dan tak terlihat. Maka jelas, yang instan tidaklah selalu menguntungkan. Namun yang sulit terkadang menguntungkan. Selain itu, Manusia semakin individualis dan tak berbudaya. Tentu semakin jelas, bahwa manusia semakin mirip dengan hasil ciptaanya sendiri.

Tidak ada komentar:

Penyimpangan Sosial

Penyimpangan Individu : Penyimpangan yang dilakukan oleh seorang individu dengan melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang dari norma-n...